Stroberi dan Bluberi Tunda Penurunan Otak Lansia

Jakarta, Penurunan kemampuan otak, terutama kemampuan kognitif selalu terjadi pada lansia. Namun kini telah ditemukan satu cara untuk memperlambat penurunan tersebut yaitu makan stroberi, bluberi dan sejenisnya.

Menurut peneliti dari Brigham and Women’s Hospital dan Harvard Medical School dalam jurnal Annals of Neurology, lansia yang makan banyak stroberi, bluberi dan sejenisnya cenderung mengalami penurunan kemampuan kognitif lebih lambat dibandingkan dengan lansia yang jarang atau bahkan tak pernah makan keduanya.

Dalam temuan itu, peneliti menjelaskan bahwa penambahan stroberi, bluberi dan sejenisnya yang kaya flavonoid pada menu makan lansia dapat menunda penurunan kemampuan kognitifnya hingga 2,5 tahun.

Ilmuwan menyatakan bahwa peradangan dan stres memainkan peran utama dalam penurunan kemampuan kognitif dan mengonsumsi sejumlah flavonoid mampu membantu mengurangi dampaknya.

Menurut sensus penduduk di Amerika Serikat pada 2010, populasi lansia di AS sendiri meningkat 15 persen selama 10 tahun pertama abad 21 dibandingkan dengan keseluruhan populasi yang hanya meningkat sebesar 9,7 persen.

“Karena kondisi itu, pemahaman isu kesehatan lansia menjadi sangat penting. Studi kami pun bermaksud meneliti apakah asupan stroberi, bluberi dan sejenisnya dapat memperlambat tingkat penurunan kemampuan kognitif,” kata ketua tim peneliti, Dr. Elizabeth Devore seperti dilansir dari MedicalNewsToday, Selasa (1/5/2012).

Peneliti mengumpulkan data dari Nurses Health Study yang memiliki informasi dari 121.700 wanita berusia 30-55 tahun yang berprofesi sebagai perawat. Seluruh partisipan pun telah melengkapi kuesioner terkait data kesehatan dan gaya hidupnya.

Dari situ, peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi bluberi, stroberi dan sejenisnya memiliki tingkat keterlambatan penurunan kemampuan kognitif yang lebih tinggi dibandingkan partisipan lainnya. Hal ini juga terjadi pada partisipan yang lebih banyak mengonsumsi antosianidin dan flavonoid total.

Lansia wanita yang konsumsi bluberi dan stroberinya lebih tinggi memiliki kemungkinan penurunan kemampuan kognitif rata-rata 2,5 tahun lebih lambat dibandingkan lansia yang asupan bluberi dan stroberinya rendah.

Namun peneliti juga memprediksi ada faktor lain terkait penurunan kemampuan kognitif lansia selain asupan stroberi, bluberi dan sejenisnya. Misalnya, partisipan yang lebih banyak makan bluberi dan stroberi juga berolahraga lebih banyak.

http://health.detik.com

Penulis: Blognya Toko Almishbah

Blognya toko almishbah ; Berbagi Informasi..kepada Anda, semoga bermanfaat www.amishbah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s