resep makanan bayi 6 sampai 8 bulan

Resep Makanan bayi usia 6 sampai 8 bulan

Makanan bayi untuk usia 6 sampai 8 bulan – Mencari variasi menu makanan pendamping ASI bagi bayi anda memang susah – susah gampang. Susah karena pada umumnya ibu-ibu muda di Indonesia jarang sekali bahkan tidak pernah berkonsultasi ke dokter anak atau ahli gizi untuk mengetahui perkembangan dan makanan bernutrisi apa saja yang cocok buat si Bayi.

Gampang karena ternyata bahannya mudah didapat dan sangat sederhana dalam pengolahannya. Namun tetap diingat, konsultasikan kandungan gizi menu makanan bayi anda pada dokter atau ahli gizi yang berkompeten sehingga bayi anda sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang prima.

Saya mencoba mengumpulkan beberapa menu makanan bayi usia 6 sampai 8 bulan. Dari menu makanan bayi yang terdata disini, anda dapat mengkombinasikannya dengan variasi makanan bayi sesuai dengan perkembangan bayi anda dengan tetap berkonsultasi dengan dokter anak anda. Selamat berburu resep menu makanan bayi ya. Semoga bermanfaat.

Contoh menu makanan bayi usia 6 sampai 8 bulan

Puree Mentimun
Siapkan Bahan Puree mentimun berupa 1 buah mentimun kecil,kemudian kupas, buang bijinya, lalu potong-potong. Cara Membuat puree mentimun cukup sederhana,haluskan saja dengan garpu atau food processor, kemudian sajikan secara perlahan kepada bayi.

Puree Terong ungu
Siapkan bahan puree terong ungu berupa 1 buah terong ungu ukuran sedang, kemudian kupas kulitnya. Cara Membuatnya yaitu, cuci bersih terong dan buang bijinya. Potong-potong dalam ukuran sedang saja. Rebus terong sampai lunak Tiriskan lalu haluskan. Cara Lain dalam menyajikan puree terong ungu, Cuci bersih terong dan buang bijinya. Potong-potong. Panggang terong dalam oven sampai lunak. Kemudian Haluskan.

Puree Seledri
Bahan puree seledri diambil 3 batang seledri yang baik. Kemudian Cuci bersih dan cincang halus. Tuang ke dalam cangkir tahan panas. Kukus selama 5-10 menit. Angkat. Haluskan dengan blender/saringan kawat. Tambahkan air/ASI/susu formula.

Puree Ubi Jalar
Bahan puree ubi jalar, ambil 1 buah ubi jalar, sikat kulitnya sampai bersih. Siapkan air ASI / Susu Formula. Cara membuatnya; Panaskan oven dengan suhu 180C. Letakkan ubi pada wadah yang sudah dialasi aluminium foil. Panggang sampai matang (kira-kira 1 jam). Kupas kulitnya, potong-potong dagingya lalu haluskan. Tambahkan ASI/Susu Formula untuk mengencerkan. * Selain dipanggang, ubi jalar juga bisa dikukus hingga lunak.

Puree Buncis
Bahan puree buncis berupa 1 genggam buncis, cuci bersih, potong ujungnya, buang serat di pinggirannya, potong-potong. Siapkan juga ASI/Susu Formula. Cara Membuatnya: Kukus buncis sampai matang. Haluskan dengan blender, agar tekstur lebih halus, saring dengan saringan kawat. Tambahkan ASI/Susu For mula untuk mengencerkan.

Puree Brokoli
Bahan puree brokoli diambil dari 3 kuntum brokoli. Kemudian. Cuci brokoli lalu kukus/rebus sampai lunak (5-10 menit). Tiriskan dan haluskan dengan garpu atau food processor. Tambahkan air rebusan bila terlalu kental.

Puree Wortel
Bahan puree wortel terdiri dari 2 buah wortel dan Air matang/ASI/susu formula. Cara Membuatnya Wortel dikupas, cuci bersih, iris tipis-tipis. Kukus selama 10 menit atau sampai empuk. Angkat dan tiriskan. Haluskan dengan garpu atau blender. Tambahkan air/ASI/susu formula atau kaldu untuk mengencerkan.

INGAT! Wortel diperkenalkan setelah anak umur 8 bulan, kandungan nitrate yang tinggi tidak baik untuk anak di bawah 8 bulan. Jangan gunakan air bekas merebus/mengukus wortel dan sayuran lain yang kandungan nitratnya tinggi (bayam, brokoli, bit, dll)

Puree Kembang Kol
Bahan: 1 buah kembang kol. Cara Membuat: Ambil kuntumnya, cuci bersih, kukus hingga empuk, kira-kira 10-15 menit. Tiriskan. Setelah dingin diblender/saring dengan saringan kawat. Tambahkan air/ASI/susu formula jika diperlukan untuk mencairkan.

Puree Kacang Polong
Bahan:4 sdm kacang polong segar atau beku/frozen. Cara Membuat: Cuci kacang polong kalau pilih yang segar. Kukus hingga lunak. Angkat dan tiriskan. Haluskan lalu saring supaya kulit tidak ikut termakan (khususnya untuk bayi usia di bawah 8 bulan). Tambahkan air/ASI/Susu Formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

Puree Kentang
Bahan: 3 buah kentang, kupas, cuci lalu potong-potong dan siapkan juga ASI/Susu Formula. Cara Membuat: Kukus kentang sampai lunak. Tiriskan dan haluskan dengan garpu atau food processor. Tambahkan ASI/Susu Formula sampai mencapai kekentalan yang diinginkan.

Untuk aneka bubur bayi lainya silahkan anda browsing ya. Kebetulan saya lagi tidak bisa online untuk beberapa hari kedepan.Semoga bermanfaat

Sumber Bacaan Makanan bayi untuk usia 6 sampai 8 bulan
[1] Majalah NAKITA http://resep.makan.web.id/2011/09/makanan-bayi-usia-6-sampai-8-bulan/

Penulis: Blognya Toko Almishbah

Blognya toko almishbah ; Berbagi Informasi..kepada Anda, semoga bermanfaat www.amishbah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s