TELKOMSEL

Sejarah

 

Telekomunikasi Selular yang Menyatukan Bangsa

Telkomsel didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk  mencapai visi tersebut, Telkomsel terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. Telkomsel menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. Telkomsel merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, Telkomsel menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan Telkomsel sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia.

Memasuki era ICT (Information and Communication Technology), Telkomsel terus mengoptimalkan pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%). Telkomsel terus mengembangkan layanan telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan gaya hidup selular, a truly mobile lifestyle.

Dari Telkomsel untuk Indonesia
Telkomsel memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan mobile lifestyle unggulan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pelanggan. Telkomsel menghadirkan teknologi agar bangsa Indonesia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan tetap mendukung pelestarian negeri.

Untuk itulah, Telkomsel secara aktif mendorong pemanfaatan energi terbarukan sebagai sumber energi untuk menara BTS serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi remaja dan masyarakat yang kurang mampu. Melalui peningkatan kualitas masyarakat dan pelestarian lingkungan, Telkomsel berpartisipasi aktif untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

“Telkomsel Paling Indonesia”

http://www.telkomsel.com

Our Approach

 

 

Sejak pertama kali berdiri di tahun 1995, kami sebagai pelaku bisnis telekomunikasi di tanah air mengamati berbagai perkembangan yang luar biasa yang terjadi pada masyarakat akibat kemajuan ICT (Information & Communication Technology). Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan ICT, khususnya di bidang telekomunikasi memiliki dampak yang amat signifikan, diantaranya terhadap kehidupan ekonomi, sosial dan budaya.

Seiring dengan tumbuhnya pelanggan kami yang mencapai angka 100 juta, kami secara konsisten menaruh perhatian serius untuk memperluas jangkauan dan menghadirkan akses telekomunikasi ke berbagai pelosok daerah, terlepas dari berbagai tantangan keterbatasan yang ada. Kini kami berhasil menghubungkan lebih dari 25.000 desa terpencil, memberikan akses ke daerah-daerah tertinggal guna meningkatkan kehidupan ekonomi sosial setempat. Dan angka ini akan terus kami tingkatkan guna memperkecil keterbatasan komunikasi digital (digital divide) di Indonesia.

Pertumbuhan perusahaan juga kami lakukan dalam koridor yang bertanggung jawab dengan melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholders) untuk berkembang bersama. Kami mengedepankan semangat untuk terus memberikan kontribusi positif kepada perkembangan bangsa melalui program-program community development yang kami lakukan. Di sisi lain, Telkomsel juga terus ikut serta di dalam meminimalisasi dampak lingkungan yang disebabkan oleh proses bisnis kami, diantaranya melalui pendekatan penggunaan energi yang terbarukan.

Sebagai penyedia solusi dan gaya hidup seluler terbaik, dalam perkembangannya Telkomsel selalu berupaya untuk menjadi yang terdepan di dalam inovasi dan kreativitas baik pada produk, Layanan yang kami hadirkan mengutamakan tercapainya kepuasan pelanggan dan mampu memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan perusahaan dan tentunya bagi perkembangan ekonomi bangsa. Kami percaya bahwa keberlanjutan (sustainability) bisnis kami ini terletak pada berbagai pendekatan inovatif yang selama ini dilakukan, terutama di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan. Pendekatan terhadap ketiga hal ini kemudian kami terjemahkan dalam tema ‘CONNECT, CARE and CONSERVE’.

Connect

 

Bisnis kami adalah menghubungkan sesama, dan untuk itu kami terus meningkatkan cakupan jaringan serta kualitas pelayanan yang kami berikan. Hal ini kami lakukan secara konsisten mengacu kepada visi kami untuk menjadi penyedia gaya hidup mobile terbaik.  Strategi jangka panjang yang kami rumuskan  dimaksudkan tidak hanya untuk memperkuat layanan bisnis utama kami, namun juga dalam pengembangan bisnis ‘New Wave’, dan memperkuat fondasi perusahaan khususnya pada jaringan (network),  IT, dan kompetensi sumber daya manusia. Hal ini perlu kami lakukan untuk menunjang performa layanan yang kami berikan dan memberikan kenyamanan berkomunikasi. Secara  jangka panjang hal ini juga mampu memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan (stakeholder).

Di dalam membangun dan memperluas jaringan, diantaranya ketika menentukan lokasi transmisi dan infrastruktur lainnya, kami selalu mengadakan konsultasi dengan para pemangku kepentingan di daerah setempat, baik pemerintah, masyarakat dan LSM. Hal ini untuk memastikan adanya kesepakatan antara kedua belah pihak yang tidak merugikan lingkungan maupun masyarakat setempat. Saat ini jumlah BTS kami di seluruh Indonesia mencapai angka 44.000, dimana 57% diantaranya terletak di luar Pulau Jawa. Perhatian ke daerah-daerah terluar kami lakukan karena kami menyadari akan adanya keterbatasan komunikasi

Care

 

Kehadiran kami tentunya harus memberikan nilai dan manfaat yang lebih bagi perkembangan lingkungan sekitar kami. Maka dari itu, sebagai bagian dari masyarakat, kami berkomitmen untuk ikut berpartisi aktif di dalam menjawab berbagai permasalahan sosial yang ada. Kami mengkombinasikan sumber-sumber daya yang kami miliki di dalam merancang program-program sosial perusahaan, diantaranya di bidang ICT (Information & Communication Technology), dan sumber daya manusia yang unggul.

Dalam pelaksanaannya kami bekerjasama dengan berbagai pihak dan tentunya dengan para pemangku kepentingan setempat. Hal ini secara konsisten kami lakukan agar program-program yang kami berikan tepat sasaran dan kelak akan berkelanjutan. Tujuan utama akan terlaksananya program-program sosial ini ialah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat, baik melalui pendidikan dan pelatihan, pemberdayaan dan berbagai hal lainnya.

Kami mendukung posisi Indonesia sebagai bagian dari 189 negara yang telah menyepakati sasaran pembangunan milenium atau yang lebih dikenal dengan Millennium Development Goals (MDGs). Pemerintah menetapkan delapan program MDGs sebagai target pencapaian kesejahteraan bangsa hingga tahun 2015, dan  dukungan Telkomsel tersebut diharapkan dapat membantu percepatan pencapaian MDGs 2015 Indonesia.

Conserve

 

 

Inisiatif Telkomsel untuk menerapkan bisnis yang ramah lingkungan merupakan bagian dari rencana jangka panjang perusahaan di dalam menerapkan ‘Green Technology’. Pengembangan jaringan yang ramah lingkungan (green network) kami lakukan untuk mengurangi konsumsi energi dari penggunaan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui . Hal ini tidak hanya memberikan dampak positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, namun juga efektif bagi kegiatan operasional kami.

Pendekatan ramah lingkungan ini juga merupakan salah satu upaya yang dapat kami tempuh untuk meminimalisir emisi karbon dalam mata rantai bisnis kami. Dan hal ini tidak hanya dilakukan di dalam pembangunan green network namun juga ketika kami menghadirkan produk dan layanan yang seperti paperless services.

Di masa mendatang kami akan terus mempromosikan solusi ramah lingkungan, baik di dalam pembangunan jaringan maupun pengembangan produk dan layanan. Penggunaan sumber energi yang terbarukan kami rasa cukup krusial untuk diperhatikan di masa mendatang. Kami juga melihat berbagai kemungkinan untuk dapat berkerjasama dengan para pemasok dan pelanggan untuk menghasilkan inovasi di dalam penghematan energi. Inisiatif-inisiatif ‘Go Green’ yang kami lakukan ini merupakan komitmen kami untuk terus berkontribusi secara positif dan berkelanjutan terhadap lingkungan.

Sustainly Report

 

Laporan ini memberikan gambaran lengkap akan keberlanjutan perusahaan kami. Laporan ini tidak hanya berbicara akan pencapaian yang selama ini kami raih, namun juga berlaku sebagai acuan bersama atas berbagai kemungkinan yang dapat kami lakukan untuk perbaikan lebih lanjut di masa mendatang. Silahkan unduh Sustainability Report (Laporan Keberlanjutan) kami untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Penulis: Blognya Toko Almishbah

Blognya toko almishbah ; Berbagi Informasi..kepada Anda, semoga bermanfaat www.amishbah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s