Gubernur dan Istri Naik Becak Motor Tenaga Surya

SURYA Online, PONOROGO – Usai meresmikan becak motor bertenaga surya hasil rakitan siswa dan siswi SMK PGRI 2 Ponorogo di pendopo Pemkab Ponorogo, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo beserta istrinya Ny Nina Soekarwo menaiki becak motor tersebut.

Pakde dan istri naik becak motor yang dimodifikasi seperti becak Cina tersebut, menuju panggung utama alun-alun Ponorogo sebagai lokasi acara Hari Ulang Tahun (HUT) PGRI ke 67, Sabtu (1/12/2012).

Gubernur ingin merasakan langsung menaiki becak motor masa depan yang dibuat dari besi yang memiliki kemampuan kecepatan mencapai 40 kilometer (KM) per jam itu.

Becak motor yang diberi nama Cakra Hybrid ini, masih dilengkapi dengan pedal kayuh jika kondisi aki (accu) dalam keadaan kosong tidak terisi sinar matahari. Namun, juga masih bisa berjalan cepat jika kondisi aki terisi sinar matahari.

Dengan model seperti sepeda onthel dan dibelakangnya dilengkapi gerobak becak cukup untuk 2 orang. Becak motor ini tidak membutuhkan bahan bakar minyak (BBM) sama sekali. Pasalnya, dua unit aki dengan kekuatan 12 volt hanya mengandankan panas dan terik matahari.

Salah seorang guru pembimbing perakitan Cakra Hybrid, Deki Susanto menjelaskan jika becak motor masa depan dengan tenaga surya ini dirakit untuk mengurangi pencemaran udara. “Ini dirakit selama empat bulan,” terangnya kepada Surya Online.

Sementara, Gubernur Jatim, Soekarwo saat peresmian becak motor masa depan ini mengaku salut dan patut mendapatkan apresiasi positif atas prestasi para siswa SMK dan gurunya itu.
“Ini memang benar-benar momen yang pas. Saat peringatan HUT PGRI salah satu SMK PGRI di Ponorogo berhasil membuat becak motor masa depan yang bernama Cakra Hybrid dengan bahan bakar tenaga surya. Ini patut diacungi jempol. Karena PGRI telah memberikan sumbangsih besar ke negara dan bangsa,” tandasnya.

http://surabaya.tribunnews.com/2012/12/01/gubernur-dan-istri-naik-becak-motor-tenaga-surya
Akses Surabaya.Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat surabaya.tribunnews.com/m

Penulis: Blognya Toko Almishbah

Blognya toko almishbah ; Berbagi Informasi..kepada Anda, semoga bermanfaat www.amishbah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s