Radio Alhikmah Banyuwangi

 alhikmah banyuwangiSegala puji bagi Alloh, kami memuji-Nya, memohon pertolongan dan ampunan-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari seluruh kejelekan dan keburukan amal-amal kami. Siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka tidak ada yang sanggup menyesatkannya dan siapa yang disesatkan oleh Allah maka tidak ada yang sanggup menyesatkannya. Saya bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Amma ba’du.

Maraknya media massa baik cetak maupun elektronik dewasa ini di satu sisi sangat meggembirakan namun disisi lain menjadikan tantangan tersendiri bagi kita semua. Terutama media elektronik seperti radio, televisi dan internet. Keberadaan media-media massa tersebut memang sangat membantu kita dalam menggali berbagai informasi yang kita perlukan. Namun di sisi lain menjadikan tantangan yang serius bagi kita dan seluruh komponen bangsa, karena media-media tersebut dapat dengan bebas memberikan akses informasi, baik informasi yang diperlukan dan bermanfaat maupun informasi yang justru membahayakan bagi masyarakat terutama bagi generasi muda.
Televisi-televisi swasta yang marak bermunculan sekarang ini justru lebih banyak menyiarkan tayangan-tayangan yang bersifat hura-hura, hedonis, konsumtif , pornografi, kekerasan dan hal-hal negatif lainnya. Begitu pula dengan radio-radio swasta, siaran-siaran radio tersebut kebanyakan hanya bersifat hiburan, pesan-pesan industri, informasi-informasi seputar selebriti dan semacamnya. Jarang sekali mereka menyiarkan hal-hal yang bermanfaat dan bagus.
Banyuwangi adalah kota yang perkembangannya cukup pesat. Terlebih lagi Banyuwangi berdekatan dengan pulau Bali yang hanya dipisahkan oleh selat Bali. Secara tidak langsung akan menjadi kota transit bagi orang-orang yang dari wilayah barat yang akan memasuki wilayah timur begitupun juga sebaliknya.
Ada beberapa stasiun radio swasta di Banyuwangi, tetapi belum ada satu stasiun radiopun yang concern kepada pendidikan dan dakwah Islamiyah.
Undang-undang No. 32 tahun 2002 Tentang Penyiaran Dan Lembaga Penyiaran yang telah ditetapkan pemerintah memberikan peluang untuk berdirinya sebuah lembaga penyiaran baik radio maupun televisi.
Menangkap adanya peluang tersebut maka kami sebagai bagian dari masyarakat Banyuwangi ingin memberikan andil dan kontribusi dalam menyiarkan dakwah agama Islam di Banyuwangi melalui siaran radio.
Sebenarnya kegiatan dakwah bisa dilakukan dengan berbagai cara, sesuai dengan sarana dan prasarana yang ada. Dan diantara sarana yang mungkin bisa dioptimalkan salah satunya adalah radio. Bahkan trend akhir-akhir ini menunjukkan bahwa radio telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat untuk mencari informasi dan hiburan. Ini bisa dibuktikan dengan banyaknya berdiri stasiun-stasiun radio. Hanya saja hingga saat ini radio yang khusus bergerak dibidang dakwah amatlah sedikit. Dari sekian banyak program-program acara yang ditawarkan  oleh stasiun radio proporsi acara dakwah hanya menempati sekian persennya saja. Artinya hingga kini masih sangat sedikit radio yang betul-betul terfokus pada kegiatan dakwah murni. Ini semuanya bisa kita lihat didunia pertelivisian , seperti misalnya TV/Radio News, TV/radio musik, TV/Radio Kristiani, dan sedikit  TV/Radio Islami. Keadaan ini merupakan peluang bagi dikembangkannya dakwah Islam melalui radio.
Strategis dan pentingnya mengembangkan radio dakwah tidak terlepas dari pertimbangan cakupan luas wilayah yang bisa dijangkau. Dengan jangkauan yang luas, radio mampu menembus akses yang lebih mudah bagi masyarakat, untuk mendapatkan informasi seputar perkembangan dunia Islam. Dengan radio orang bisa mendengar dakwah dimanapun dan dalam kondisi apapun. Pengalaman yang telah dilalui oleh beberapa radio dakwah didaerah lain, telah membuktikan kemudahan yang didapat oleh masyarakat.
Disamping itu semua, pengembangan radio dakwah ini juga bertujuan untuk mewujudkan salah satu semboyan kota Banyuwangi yaitu Banyuwangi yang beriman dan berahmat
  • Jl. Temuguruh No.99E Genteng
  • Banyuwangi, Indonesia 68465
  • ——————————————–
MA’HAD IMAM SYAFI’I AS-SALAFY
JL. KH. HASYIM ASY’ARI NO.99E GENTENG BANYUWANGI 68465
TELP/FAX    : ( 0333 ) 844913
SMS              : 082 143 14 00 99
E-MAIL         : radioalhikmah@yahoo.co.id
SKYPE          : alhikmah107
FACEBOOK : MA’HAD IMAM SYAFI’I BANYUWANGI
BANK           :

Penulis: Blognya Toko Almishbah

Blognya toko almishbah ; Berbagi Informasi..kepada Anda, semoga bermanfaat www.amishbah.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s