Foto-0664-qurban sapiDi Bulan Idul Adha, tepatnya tanggal 10 Dzulhijjah setelah sholat Idul Adha, biasanya diadakan acara penyembelihan hewan Qurban, di Indonesia ini biasanya berupa  Sapi maupun Kambing (domba). Namun ada sebagian saudara kita yang sebenarnya Mampu (berkecukupan) tapi blm ada keinginan berqurban, ada juga yang penghasilan minim dan tidak tentu tapi ada niat kuat untuk ikut qurban. Yang jelas perlu diawali dengan niat yang kuat untuk berqurban, masalah cara sih bisa dipadukan antara doa dan usaha.

Anggaran yang diperlukan untuk membeli seekor kambing kira kira sebesar Rp 1.500.000 sedangkan untuk membeli sapi perlu dana sekitar 13- 15 juta per ekor, jadi jika iuran untuk membeli seekor sapi , maka harga sapi dibagi 7 orang perlu dana sekitar 2 juta per orang.

Untuk itu perlu menabung agar tidak terlalu berat nantinya (jika  sudah hari H),  jika menginjak bulan idul adha berikutnya dana sudah siap..atau jika kurang tinggal nambahin dikit..
misalnya kalau tiap bulan menabung Rp 200. 000 dengan menyisihkan dari  hasil kerja atau bisnisnya tentu tidak berat, jadi setahun bisa mngumpulkan dana sekitar Rp 2.400.000, jadi perbulan cukup Rp 200.000 jadi seminggu sekitar Rp 50.000 saja. atau biar mudah perhari dirata-rata nmenabung sekitar  Rp 7.000
Jika gemar menabung dan disiplin dalam alokasi anggaran , insya Allah memudahkan kita melangkah untuk menentukan rencana ke depan, termasuk tabungan haji, tabungan mudik, tabungan pendidikan dll.
Selamat Menabung,,

Iklan